Minggu, 20 Maret 2011

Analisis Perancangan Jaringan Komputer

Resume Kuliah Pertemuan 1,tanggal 25 februari 2011


JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah sebuah sistim yang terdiri dari komputer,software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama.
 Tujuan dari jaringan komputer adalah :
  • Membagi sumber daya, contohnya berbagai pemakaian printer,CPU,memori,hardisk
  • Komunikasi, contohnya surat elektronik,instant messanging,chating
  • akses informasi, contohnya web browsing
agar dpat mencapai tujuan yang sama,setiap bagian dari jaringan komputre meminta dan memberikan layanan (servis (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan /mengirim disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistim client-server. dan digunakan pada hampir seluruhaplikasi jaringan komputer.

A. server
Server merupakan sistim komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. server didukung dengan  dengan prosessor dan ram yang besar dan juga dilengkapi dengan sistim operasi khusus yang disebut dengan sistim operasi jaringan.

Berdasarkan fungsinya,server dibedakan menjadi :
1. server aplikasi,untuk menyimpan aplikasi yang dapat di akses oleh client.
2. server data,untuk menyimpan data baik yang digunakakn oleh client secara langsung maupun data yang di proses oleh server aplikasi.
3. server proxy,untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy.

Server terbagi atas :
1. File server,yaitu komputer yang melekat pada jaringan yang memiliki tujuan utama meyediakan lokasi untuk penyimpanan bersama file komputer ( seperti dokumen,file suara, foto, film, gambar, database,dll ) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer. protokol yang digunakan pada file server adalah htp dan smb.
2. Print server, yaitu sebuah komputer atau perangka tyang terhubung ke satu atau lebih printer dan komputer klien melalui jaringan komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai. Protokol yang digunakan adalah ipp dan smb.
3. Web server,yaitu program komputer yang memberikan (menyediakan) konten, seperti halaman web,dengan menggunakan  hypertext transfer protocol (HTTP), melalui World Wide Web dan dapat merujuk ke komputer atau mesin virtual menjalankan program,protokol yang digunakan dalam web server adalah http.
4. Mail Server,protokol yang digunakan adalah pop3 dan smtp.
5. Database Server, yaitu sebuah program komputer yang menyediakan layanan database program komputer yang menyediakan layanan database program komputer lain.
6. VOIP (Voice Over Internet Protocol), yaitu teknologi yang  memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet dan data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Protokol yang digunakan dalam VOIP adalah h232 dan sip.
   7. Terminal server, yaitu memungkinkan komputer klien untuk  menggunakan harddisk, dimana dalam satu buah CPU dapat digunakan kebanyak banyak komputer. Protokol yang digunakan dalam terminal server adalah rdp (terdapat pada windows), dan itp (terdapat pada linux).



B. Client
Client adalah sistem komputer yang menerima layanan-layanan  dari server didalam jaringan.

Komponen Jaringan Komputer
Jaringan komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi :
a. Komponen Hardware.
   1. Personal computer (PC), yaitu mesin yang dapat diprogram menerima input, menyimpan dan memanipulasi data, dan menyediakan output dalam format yang bermanfaat.
   2. Network Interface Card, yaitu sebuah komponen perangkat  keras yang berfungsi untuk penghubung antara komputer dengan network device dan berkomunikasi melalui jaringan komputer.
   3. Kabel.
   4. Topologi jaringan, yaitu interkoneksi fisik dari unsur-unsur (link,  node, dll) dari sebuah jaringan komputer.
Empat dasar tipe  topologi jaringan:
  •      Bus topology,
  •      Star topology,
  •      Ring topology
  •      Tree topology

b.      Komponen Software.
   1. Sistem operasi jaringan, yaitu sebuah jenis sistem operasi yang  ditujukan untuk menangani jaringan.
   2. Network adapter driver.
   3. Protokol jaringan, yaitu seperangkat aturan yang digunakan  oleh komputer untuk berkomunikasi antara satu sama lain didalam jaringan dan sebuah konvensi atau standar yang mengontrol atau memungkinkan koneksi, komunikasi, transfer data antara endpoint komputasi.



Selain komponen-komponen diatas, jaringan komputer juga  memiliki perangkat seperti:
   1. Hub, yaitu komponen jaringan yang memiliki colokan (port) yang berguna untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap- tiap workstation, server atau perangkat lain.
   2. Bridge, digunakan untuk menghubungkan beberapa  jaringan  yang  terpisah walaupun  menggunakan  media penghubung dan model atau topologi berbeda.
   3. Switch, bentuk dan fungsinya sama dengan hub, akan tetapi bedanya adalah switch lebih pintar karena memiliki kemampuan untuk mentransfer data hanya pada port yang dituju saja, berbeda dengan HUB yang mem-broadcast ke semua port yang dimiliki termasuk port tempat data tersebut berasal. Hal inilah yang membuat switch lebih cepat dalam mentransfer data dengan penggunaan bandwidth 100%, tidak terbagi untuk broadcast.
   4. Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang dijaringan berdasarkan aturan atau protokol tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar