Senin, 11 April 2011

Analisis Perancangan Jaringan Komputer

1 April 2011, Resume Pertemuan ke6

NOS
1. Pendahuluan
Sistem operasi yaitu software aplikasi yang menghubungkan antara brainware dan hardware.  Kedudukan software dalam komputer:
  1. Aplikasi
  2. Desktop
  3. Window
  4. Shell
  5. Driver
  6. Kernel
  7. BIOS
Nos ( Network Operating System) merupakan sebuah operating sistem yang digunakan untuk mengoperasikan radio paket. Sistem operasi ini bukan sepenuhnya ‘sistem operasi’ karena NOS masih membutuhkan DOS untuk memboot komputer.
Nos dibuat oleh Phil Karn yang dibagi-bagikan secara gratis berikut source code-nya. Pada awalnya Nos dibuat untuk keperluan kalangan radio amatir. Kemudian setelah TCP/IP dimasukkan ke dalamnya maka penggunaanya mulai meluas seiring dengan berkembangnya internet. Nos bekerja tidak hanya dengan protokol TCP/IP melainkan juga ROSE  dan dalam bahasan ini hanya mengulas penggunaanya dengan TCP/IP .
2.  Cara Kerja NOS
Setelah komputer selesai proses booting dan me-load himem.sys untuk mendapatkan alokasi memory di atas 1 mega, maka NOS akan di-ekeskusi secara otomatis dengan memasukkannya dalam file autoxec.bat . Biasanya dalam autoexec.bat ditambahkan line run.bat yang berupa script untuk run NOS pertama kali.
Run.bat akan menjalankan perintah untuk mengenali device modem TNC dengan nomor interupt tertentu. Kemudian NOS akan di-load dengan membaca file configurasi : autoexec.nos .
File ini terdiri dari
  • pengalamatan IP beserta maskingnya
  • penetapan routing
  • penamaan host
  • pengenalan dan konfigurasi modem
  • jenis protokol routing yang dipakai
  • pemilihan gateway untuk penerusan e-mail
  • jenis service yang diberikan
Agak berbeda sedikit dengan TCP/IP yang umumnya meggunakan DNS (Domain Name Server)  untuk mengkonvert alamat IP ke nama host, NOS meggunakan sebuah file tunggal yang dinamakan domain.txt yang memuat seluruh nama  host dan alamat IP yang terdapat dalam 1 network .
Untuk bisa menjalankan NOS harus ada:
  1. Protocol
  2. IPX / SPX
  3. Apple Talk
  4. Net BUI
  5. TCP/IP
TCP / IP ayaitu set protocol yang bersifat oprn source. TCP / IP terdiri atas dua versi versi 4 dan versi 6.
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
    * Microsoft MS-NET
    * Microsoft LAN Manager
    * Novell NetWare
    * Microsoft Windows NT Server
    * GNU/Linux
    * Banyan VINES
    * Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris
 
OS windows seperti XP, Windows 7 dan lain-lain dapat dijadikan server namun terbatas untuk 10 user saja(10 Pc) hal ini dikarenakan pembatasan kernelnya. oleh karena itu dianjurkan untuk menggunakan OS Windows Server 2003 ataupun windows server 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar